Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus
Selamat Datang di Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus,

Pembukaan Diklat Penyetaraan PPLH

25 April 2012 - 11:21:53 - Hits : 492 - Posted by admin

Pembukaan Diklat Penyetaraan PPLH

19 orang mengikuti Diklat Penyetaraan PPLH

Ppejawa.com (23/04) Yogyakarta. Pagi ini, 23 April 2012 Kepala PPEJ Barlin, SH, MS resmi membuka Diklat Penyetaraan PPLH (Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup) se-Ekoregion Jawa.
Dalam sambutan pembukaannya beliau mengatakan bahwa salah satu yang akan dicapai Kementerian Lingkungan Hidup adalah peningkatan kapasitas bagi pengawas lingkungan. "PPEJ bersama Pusdiklat KLH melakukan rangkaian diklat pengawasan lingkungan, mulai minggu lalu telah dilakukan diklat PPLH di Surakarta, hari ini dilakukan diklat penyetaraan PPLH di Yogyakarta, 3 s.d 4 Mei mendatang akan dilaksanakan workshop bagi PPLH di Surakarta." Kata Kepala PPEJ ini dalam sambutannya.
Beliau juga menambahkan bahwa diklat penyetaraan ini merupakan upaya KLH menyamakan kemampuan mengawas sesuai UU 32/2009 bagi yang sudah memilki sertifikat/brefet PPLH.

Eldie Triningsih, selaku ketua panitia melaporkan bahwa jumlah peserta diklat ini sebanyak 19 orang yang berasal dari BLH Kab./Kota, BLH Provinsi, PPE dan KLH. Seluruh peserta selama 6 hari akan menerima materi sebanyak 50 JP (Jam Pelajaran) dengan metode ajar ceramah, diskusi dan studi kasus.
Kendala yang dihadapi panitia untuk menghadirkan peserta bersertifikat PPLH didominasi karena para pejabat pengawas dimaksud sudah berpindah tugas.

Drs. Hendra Setyawan, Kepala Pusdiklat KLH dalam arahannya mengatakan bahwa latar belakang Diklat penyetaraan PPLH adalah :
1. Pemutakhiran materi pengawasan;
2. Pemenuhan selisih Jam Pelajaran Pokok (148 - 55)JP = 93 JP;
    a. Pemenuhan kemampuan ketrampilan berupa psikomotorik 50 JP;
    b. Pengalaman pengawasan setara dengan 43 JP.
3. Pemenuhan mandat UU 32/2009, terutama pasal 63, pasal 71 s.d 75.
Beliau menambahkan bahwa PPLH adalah jabatan fungsional, sehingga penugasannya, pengangkatannya dan pelaksanaannya dengan prasyarat.

Kepala Pusdiklat mengakhiri arahannya bahwa tugas utama pejabat pengawas lingkungan adalah melaksanakan pengawasan terhadap perintah hukum, yaitu kewajiban, larangan dan syarat perusahaan yang tertuang dalam ketentuan perundang-undangan. (Sugeng W/12036.121/PSIL) 




Informasi lebih lanjut, hubungi :
1. Pusdiklat KLH
2. Eldie Triningsih, Kabid Peningkatan Kapasitas PPEJ


Info Terkait :


Tinggalkan Komentar

152 + 2 =


  • Copyright © 2014 Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus
    Jl. AKBP Ragil Kusmanto No. 1/b KUDUS 59346
    Phone/Fax. 0291 4251490
    publikasi@blhkudus.ppejawa.com