Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus
Selamat Datang di Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus,

Pembukaan Diklat Penyetaraan PPLH

02 April 2012 - 12:00:03 - Hits : 452 - Posted by admin

Pembukaan Diklat Penyetaraan PPLH

DIKLAT PENYETARAAN PEJABAT PENGAWAS LINGKUNGAN
ANGKATAN XI TAHUN 2012

Ppejawa.com, Surakarta (02/04). Diklat penyetaraan Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup Angkatan XI resmi dibuka oleh Dr. Henry Bastaman Deputi VII Menteri Lingkungan Hidup Bidang  Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas pada pukul 09.20 WIB di Hotel Sahid Jaya Surakarta.
Henry Bastaman mengatakan, pelatihan yang akan diselenggarakan selama 19 hari sampai 21 April 2012 ini adalah kerjasama Pusdiklat KLH dengan PPEJ. Jumlah peserta angkatan XI kali ini adalah 42 orang yang berasal dari BLH Provinsi dan Kab./Kota di wilayah PPEJ kecuali dari Provinsi Jawa Barat. "Provinsi Jawa Barat akan menyelenggarakan Diklat PPLHD sendiri untuk 3 angkatan pada tahun ini", kata Henri Bastaman pada sambutan pembukaan acara ini.

Lebih lanjut Henry Bastaman mengatakan bahwa seiring dengan problem lingkungan yang terus berkembang dan merujuk pada PP 27 tahun 2012, maka daerah harus memiliki pejabat pengawas dengan status yang sudah dilantik sebagai pejabat pengawas. "Status dan posisi PPLHD adalah pejabat fungsional. Dengan status sebagai pejabat pengawas lingjkungan yang memiliki dinamikanya sendiri, maka harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah, untuk itu, sekarang ini KLH sedang melakukan pembahasan dengan Menteri Keuangan terkait status jabatan fungsional tersebut," kata Henry Bastaman.

Salah satu tahapan yang dilakukan KLH dalam mendapatkan pejabat pengawas yang berkompeten adalah dengan melakukan pelatihan PPLHD selama 148 jam. Selama proses pelatihan, peserta akan dievaluasi dan diberikan penilaian oleh panitia. Apabila peserta mendapatkan nilai minimal 70 poin, maka dinyatakan lulus dan mendapat Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPL).  Apabila kurang dari poin tersebut, maka peserta hanya akan diberikan sertifikat atau surat keterangan. "148 jam sebenarnya belum cukup, selanjutnya harus ditempa dengan kemampuan pengawasan di lapangan", kata Henry Bastaman.
Pertiwi, salah satu panitia mengatakan bahwa sampai hari ini ada 2 peserta yang belum hadir, yaitu DR. Sakdullah (PPEJ) dan Seloadi Sudiono (BLH Kab. Semarang). "Jika kedua peserta tersebut tidak mengikuti acara sampai sore hari ini, maka dipastikan tidak akan lulus sebagai pejabat pengawas karena jam pelajaran yang diikuti tidak mencukupi persyaratan dan hanya mendapatkan sertifikat atau surat keterangan", kata Pertiwi disela-sela acara.

Sebagai penutup, Henry Bastaman berharap agar seluruh peserta membangun jaringan dan berinteraksi untuk memperkuat posisi PPLH. (SugengW/12036.121/PSILH)

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Atik Suryaningsih, Kasubid Diklat PPEJ

Tags :

Info Terkait :


Tinggalkan Komentar

121 + 3 =


  • Copyright © 2014 Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus
    Jl. AKBP Ragil Kusmanto No. 1/b KUDUS 59346
    Phone/Fax. 0291 4251490
    publikasi@blhkudus.ppejawa.com