Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus
Selamat Datang di Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus,

Kemah Hijau Ekoregion Jawa

27 Maret 2012 - 01:25:16 - Hits : 440 - Posted by admin

Kemah Hijau Ekoregion Jawa

KEMAH HIJAU EKOREGION JAWA 2011

Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa (PPEJ) bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Timur dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) serta SKPD se Kabupaten Jombang mengadakan Kemah Hijau Ekoregion Jawa 2011 dengan tema “Kota dan Perubahan Iklim” pada tanggal 26—27 Oktober 2011 di Kabupaten Jombang. Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk melaksanakan komunikasi/kampanye dan pendidikan lingkungan dini usia sekaligus memilih duta pramuka ekoregion jawa, yang diharapkan dapat menanamkan kepedulian dan cinta terhadap lingkungan dengan mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

Kegiatan ini berlangsung di Kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kabupaten Jombang selama 2 (dua) hari ini, dibuka oleh Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidup RI, yang ditandai dengan penanaman pohon langka sekaligus pencanangan Hutan Kota Tanaman Langka TPA Jombang. Sejalan dengan tema tersebut di atas, maka pokok bahasan dalam kegiatan ini dibagi dalam 3 (tiga) bahasan utama, yaitu (1) Pengelolaan Hutan; (2) Pengelolaan Sumber-sumber Air; dan (3) Pengelolaan Sampah.

Peserta berjumlah 250 orang (31 regu), merupakan perwakilan dari (1 regu) anggota pramuka yang berasal dari Sekolah Berwawasan Lingkungan (SBL) dan atau sekolah Adiwiyata di wilayah DAS Solo dan sekitarnya, serta perwakilan (1 regu) peninjau dari wilayah propinsi lainnya (DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan DIY).

Metode ajar yang dikemas dalam bentuk fun game, kelompok maupun kompetisi. Selain memberikan wawasan pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup, kegiatan ini juga akan melatih guru-guru pendamping dalam penyusunan silabus pendidikan lingkungan terkait 3 (tiga) pokok bahasan tersebut di atas.

Selama pelaksanaan kegiatan, dilakukan penilaian terhadap peserta kemah dan akan dipilih tiga peserta terbaik, yaitu terbaik 1, 2 dan 3, yang selanjutnya disebut sebagai duta pramuka ekoregion jawa. Sebagai salah satu penerapan sistem reward, maka seluruh peserta pada akhir kegiatan kemah akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan kegiatan Kemah Hijau Ekoregion Jawa 2011.

Kegiatan yang didukung oleh elemen Pramuka Kwarcab Jombang, LSM Lestari Yogyakarta dan LSM Ecoton Jawa Timur ini, diharapkan memiliki nilai positif bagi dunia pendidikan, terutama pendidikan lingkungan hidup, dan kegiatan ini akan terus dikembangkan pada kemah-kemah hijau berikutnya.

 

Jombang,     Oktober 2011

PPEJ

Tags :

Info Terkait :


Tinggalkan Komentar

162 + 4 =


  • Copyright © 2014 Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus
    Jl. AKBP Ragil Kusmanto No. 1/b KUDUS 59346
    Phone/Fax. 0291 4251490
    publikasi@blhkudus.ppejawa.com