Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus
Selamat Datang di Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus,

Training On Trainer Lingkungan

19 Maret 2012 - 16:21:34 - Hits : 427 - Posted by admin

Training On Trainer  Lingkungan

Bertempat di  Sambi Resort, Kaliurang Yogyakarta, seluruh staf Pengembangan Sistem Informasi  Lingkungan, Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa mengikuti kursus TOT (Training On Trainer), 15—16 Maret lalu. Pelatihan dengan tema ‘Moving To Be A Better Division’  ini tujuannya untuk meningkatkan kemampuan para staf, khususnya mereka yang terlibat dalam kegiatan moduling keliling (moduling) lingkungan dalam menyosialisasi isu atau permasalahan lingkungan ke sekolah-sekolah yang ada di Ekoregion Jawa.  

Kursus ini diselenggarakan mengingat masih minimnya pemahaman dan pengetahuan para trainer lingkungan dalam membumikan isu lingkungan kepada masyarakat luas, khususnya anak-anak sekolah yang selama ini menjadi sasaran kegiatan moduling lingkungan PPEJ. Kurangnya pengalaman sebagai trainer lingkungan sering menyebabkan pesan lingkungan yang hendak disosialisasikan kepada anak-anak susah dimengerti dan dipahami, terkesan kering, hambar,  dan kurang menarik.

Untuk itu, melalui TOT lingkungan ini, para staf yang menangani moduling lingkungan ‘digodok’ menjadi trainer lingkungan yang andal. Melalui kursus ini, calon trainer lingkungan PPEJ diperkaya dengan berbagai game atau permainan lingkungan yang menarik dan tidak membosankan. Pesan-pesan lingkungan itu, kata Eddy Hartono—instruktur pelatihan TOT— harus  dikemas melalui sebuah permainan yang membuat anak-anak senang dan menarik. “Jangan langsung ke materi atau substansi lingkungan,” ujar Didik, demikian dia akrap dipanggil.

Adapun materi TOT meliputi tiga hal penting, yakni Komunikasi, Kerja sama, dan Pendekatan Sosial. Materi tentang Komunikasi itu mencakup beberapa unsur penting, seperti bentuk-bentuk komunikasi, unsur-unsur komunikasi, syarat dalam komunikasi, kegagalan dalam berkomunikasi,  dan kiat atau strategi bagaimana menghindari kegagalan dalam berkomunikasi.

Sementara materi terkait dengan topik Kerja Sama, antara lain unsur-unsur kerja sama, keuntungan kerja sama, faktor pendukung dan penghambat kerja sama. Adapun materi tentang Pendekatan Sosial, yaitu tentang pengertian pendekatan sosial, bagaimana melakukan pendekatan sosial, bentuk-bentuk interaksi sosial, peran dalam pendekatan sosial,  dan resep praktis dalam pendekatan sosial.

 

Informasi lebih lanjut:

Sugeng Wachyono, Sub bidang Pengembangan Sistem Informasi Lingkungan Hidup, Pusat Pengelolaan Ekoregion (PPE) Jawa -Kementerian Lingkungan Hidup, Tlp: (0274) 625800, email: forum_ppejawa@yahoo.co.id

 


Info Terkait :


Tinggalkan Komentar

155 + 9 =


  • Copyright © 2014 Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus
    Jl. AKBP Ragil Kusmanto No. 1/b KUDUS 59346
    Phone/Fax. 0291 4251490
    publikasi@blhkudus.ppejawa.com