Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus
Selamat Datang di Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus,

PROFIL DESA BERSERI PROPINSI JAWA TIMUR TAHUN 2013 KELURAHAN JOMBATAN, KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JOMBANG

13 Maret 2014 - 10:27:57 - Hits : 1161 - Posted by singgih

Nama Kepala Desa/ Lurah : Asnan, S. Sos, M. Si

Ketua Kader Lingkungan : Dra. Joice A. Manoppo

Luas Desa : 1,08 km2

Jumlah Penduduk : 6.891 jiwa (laki-laki sebanyak 3.171 jiwa dan perempuan 3.720 jiwa)                                                      

Topografi : Kondisi topografi Kelurahan Jombatan merupakan wilayah yang datar, yaitu berkisar 0 – 2%. Ketinggian wilayah + 44m diatas permukaan laut. Kelurahan Jombatan terdapat di  jalur lintas regional dan merupakan lahan wilayah pertokoan.

                                                                                                                         

Kelurahan Jombatan secara administrasi berada pada Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang dan hanya berjarak ± 1 km dari pusat kota Jombang. Pemerintahan terdiri dari 9 RW dan 34 RT. Jumlah penduduk pada tahun 2012 tercatat sejumlah 6.891 jiwa, dengan penduduk laki-laki sebanyak 3.171 jiwa dan perempuan sebanyak 3.720 jiwa. Luas wilayah: 107,5 ha, dengan didominasi permukiman seluas 65 ha, sawah seluas 20 ha dan sarana lain seluas 22,5 ha. Mata pencaharian sebagian besar pedagang dengan 33%, lainnya 27%, pegawai negeri 15%, pensiunan 8%, angkutan 7%, petani dan buruh tani masing-masing 3%, , tukang 2% dan TNI sejumlah 2%. Dari stratifikasi sosial didominasi oleh Sejahtera III dengan 35,75%, Sejahtera I 27,07%, Sejahtera II 23,52%, Prasejahtera 8,37% dan Sejahtera III+ dengan 5,30%. Sarana pendidikan tersedia cukup lengkap yaitu: SD/MI sebanyak 6 sekolah, SMP sebanyak 2 sekolah dan SMA sederajat sebanyak 4 sekolah. 4 Sekolah diantaranya merupakan Sekolah Adiwiyata yaitu: Adiwiyata Kabupaten 2013 (SD Jombatan 4, SD Jombatan 5 dan SMP 2 Jombang) dan Adiwiyata Propinsi, Nasional 2013 (SMA 3 Jombang).

Kebijakan lingkungan yang telah diterapkan di kelurahan Jombatan antara lain: sosialisasi dan pemantauan jentik nyamuk dari sumber air bersama dengan kader Jumantik setiap minggu, pelaksanaan lomba kebersihan tingkat RT/ RW pada Bulan Agustus 2013, pelaksanaan kerja bakti tiap bulan di lingkungan RW masing-masing pada Minggu ke 4 berdasar Surat Edaran Lurah, setiap pengajuan Pengantar Izin Usaha dipersyaratkan untuk mengendalikan dan melakukan pengelolaan lingkungan (pembuatan IPAL, penghijauan, sumur resapan dll), fasilitasi pembinaan pengelolaan sampah di lingkungan permukiman dan program sanitasi berbasis masyarakat.

Selain itu kader PKK Kelurahan juga memiliki dan mengembangkan program terkait lingkungan hidup antara lain: pengembangan budidaya tanaman toga (RW 1, RW 5, RW 7, RW 8, dan RW 9), kerja bakti untuk ibu-ibu PKK secara periodik 2 bulan sekali, sosialisasi pengelolaan sampah pada pertemuan rutin PKK, sosialisasi/ himbauan bahaya rokok dan kegiatan PHBS dan KADARZI-Keluarga Sadar Gizi terkait Rumah Sehat, Kepemilikan dan Penggunaan Jamban Sehat dan Air Bersih

Di tingkat kabupaten cukup banyak prestasi yang didapatkan oleh Kelurahan Jombatan antara lain: Juara 1 dan 2 Lomba Kebersihan dan Keindahan Tingkat Kabupaten untuk RW 8 dan RW 5 (2011 dan 2012), Juara 1 Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Bidang Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Kabupaten Jombang (2012) dan Posyandu Terbaik Juara I Tingkat Kecamatan (2012).

Untuk pengembangan upaya pengelolaan lingkungan, terdapat 2 lokasi unggulan di Kelurahan Jombatan, yaitu Perumahan Jaya Abadi (RW 5) dan Pemukiman Geneng (RW 7, 8, 9). Perumahan Jaya Abadi (RW 5) memiliki jumlah kepala keluarga sejumlah 240 KK. Saat ini kader lingkungan yang dimiliki sejumlah 20 orang. Fasilitas pengelolaan lingkungan yang telah ada di permukiman ini cukup lengkap baik berasal dari bantuan Pemerintah Kabupaten maupun swadaya masyarakat antara lain: tempat sampah terpilah di masing-masing rumah, biogas, komposter, keranjang takakura, bank sampah, workshop 3R, toga dan himbauan-himbauan tentang lingkungan. Kegiatan yang dikembangkan antara lain: pemilahan sampah (organik dan anorganik) di setiap rumah tangga, kerja bakti rutin yang dilaksanakan di minggu ke 4, pembinaan karya daur ulang sampah (3R) setiap 1 bulan sekali, operasional Bank Sampah, pengembangan toga untuk tiap RT dan RW dan pembinaan pengelolaan sampah di masyarakat dan sekolah. Untuk Bank Sampah “JAYA ABADI” saat ini sudah berkembang cukup baik. Berdiri mulai tahun 2011, saat ini jumlah nasabah mencapai ± 120 orang dengan omset perbulan berkisar Rp. 400.000 – Rp 500.000.

 

Untuk Pemukiman Geneng (RW 7, 8, 9) memiliki jumlah KK sebanyak 480 KK untuk 3 RW. Saat ini jumlah Kader Lingkungan sebanyak 40 orang kader. Fasilitas lingkungan permukiman yang dimiliki yaitu: tempat sampah terpilah di setiap rumah, biogas, budidaya sayuran organik dan bank sampah. Permukiman Geneng pada tahun 2013 telah ditetapkan oleh Bupati Jombang sebagai Kampung Organik, dengan unggulan pengolahan sampah anorganik dengan 3R dan pengolahan sampah organik menjadi kompos sekaligus pemanfaatannya untuk budidaya tanaman sayuran. Selain bertujuan untuk mengurangi volume sampah di TPA juga dari segi ekonomi meningkatkan pendapatan ibu rumah tangga. Kegiatan lingkungan yang telah dilakukan: kerja bakti di tiap RW rutin 2 minggu sekali, kewajiban pemilahan sampah sudah dilakukan di setiap rumah, bank sampah, sosialisasi dan pembinaan pengolahan sampah dengan 3 R di SMP 2 Jogoroto, MAN Jombang, SMP 1 Diwek, Sambong Permai, Ds. Gambiran, Ds. Kademangan, ds. Mojoduwur, Kec. Mojoagung, PKK dan Dharmawanita Jombang, Kab. Gresik, Bhayangkari Polresta Madiun, Dharmawanita Kereta Api Daop 7 Madiun, Kab. Ngawi, Perum Magersari Mojokerto, MAN Tambakberas dan lain-lain, pengembangan tanaman sayuran organik dan toga, pelaksanaan pameran produk 3 R (Pameran Hari Koperasi Propinsi, Clean Up Brantas, Pameran Desa Unggulan di Ds. Temuwulan, Pencangan Gerakan Indonesia Bersih, Pameran di SMP Diwek dan MAN Jombang). Khusus untuk Bank Sampah “Karya Mandiri” perkembangannya sangat luar biasa. Dengan operasional setiap sore hari, jumlah nasabah saat ini mencapai 70 orang. Omzet setiap tahun mencapai Rp. 1.500.000,00. Sedangkan dari penjualan produk 3R, omzet kotor mencapai Rp. 2.000.000/bulan. Penghargaan bidang lingkungan hidup yang sudah didapatkan Permukiman Geneng antara lain: Warga Berdedikasi Bidang Budaya Kab. Jombang (2013), Juara Festival Kampung Kalijaring Bidang Lingkungan Hidup Jombang (2012), Nominator Lomba Komposting Tingkat Kader Lingkungan Kabupaten (2012), Penghargaan STAN terbaik di MAN Jombang (2013) dan Penghargaan Kader Militan Kab. Jombang (2013). 

Tags :

Info Terkait :

  • Copyright © 2014 Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus
    Jl. AKBP Ragil Kusmanto No. 1/b KUDUS 59346
    Phone/Fax. 0291 4251490
    publikasi@blhkudus.ppejawa.com