Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus
Selamat Datang di Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus,

PROGRAM BERSERI (BERSIH DAN LESTARI)

13 Maret 2014 - 10:08:00 - Hits : 4861 - Posted by singgih

 

A. PENGERTIAN

Program Berseri (Bersih dan Lestari) adalah salah satu program Pemerintah Propinsi Jawa Timur di bidang Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga masyarakat Desa/ Kelurahan dalam upaya pelestarian lingkungan hidup sehingga dapat terwujud desa/ kelurahan yan bersih, sehat, lestari dan asri.

 

B. KRITERIA PENILAIAN

Kriteria penilaian dan prosentase masing-masing komponen:

1.      Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat (40%)

Titik pantau criteria ini adalah pada pembentukan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat, program kerja kader dalam bidang lingkungan, aksi advokasi dan provokasi lingkungan dalam peningkatan kesadaran masyarakat, penguatan kelembagaan/ capacity building, pembiasaan perilaku berbudaya lingkungan dan sanksi yang diberikan, penghargaan/ prestasi yang diperoleh Desa/ Kelurahan.

2.      Pengelolaan Lingkungan Hidup (30%)

Titik pantau criteria ini adalah upaya pegelolaan sampah, penyediaan Fasilitas Pengolahan Sampah, Kegiatan Daur Ulang Sampah, proses pengolahan dan pemanfaatan sampah untuk kompos, pembiasaan perilaku berbudaya lingkungan, keterlibatan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, pengelolaan sanitasi, upaya mengurangi pencemaran udara missal dengan tidak membakar sampah, kemitraan dengan pihak luar (Pemerintah, Institusi Pendidikan, LSM, Swasta dll) dalam Pengelolaan Sampah, Pengelolaan TPS.

3.      Pengelolaan Sumber Daya Alam (20%)

Titik pantau criteria ini adalah upaya pengelolaan sumber daya alam. Keterlibatan masyarakat dalam ikut menjaga dan melestarikan sumber daya alam, upaya penghematan sumber daya alam, peraturan tertulis dan tidak tertulis tentang penyelamatan SDA, upaya tanggap darurat bencana, penghargaan dalam upaya penyelamatan sumber daya alam, upaya penyelamatan sumber daya alam di desa/ kelurahan, pemakaian teknologi ramah lingkungan dalam upaya penyelamatan sumber daya alam.

4.      Presentasi (10%)

 

C. PENGHARGAAN

Penghargaan BERSERI kategori Pratama, Madya dan Mandiri diberikan kepada Kepala Desa/ Lurah yang sudah memenuhi criteria penilaian yang telah ditentukan. Penghargaan yang diperoleh berupa: Trophy Gubernur Jatim, Pembinaan Fasilitas Barang Stimulan.

Hasil Akhir penilaian (non fisik dan fisik) didasarkan passing grade prosentase nilai maksimal yang sudah ditetapkan yaitu:

Berseri Tingkat Mandiri       : ≥ 80%

Berseri Tingkat Madya         : 70 ≤ x < 80

Berseri Tingkat Pratama      : 60 ≤ x < 70

Rintisan Kab/ Kota               : < 60

Disamping berdasar hasil penilaian dengan passing grade, penentuan kategori penghargaan dengan mempertimbangkan tingkat sebaran RW yang terlibat dalam kegiatan Desa/ Kelurahan Berseri, yaitu:

Mandiri           : minimal 4 RW atau semua RW bila jumlah RW kurang dari 4

Madya             : minimal 3 RW atau 50% dari jumlah RW bila kurang dari 4

Pratama          : minimal 2 RW

Keterangan: dalam 1 RW bisa hanya 1 RT yang dinilai

 

D. DESA BERSERI KABUPATEN JOMBANG

Pada tahun 2013, Kabupaten Jombang telah mengusulkan 2 Desa/ Kelurahan sebagai Desa Berseri, dan 2 Desa tersebut telah mendapatkan penghargaan, yaitu:

1.      Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam (Berseri Tingkat Pratama)

 

2.      Kelurahan Jombatan, Kecamatan Jombang (Berseri Tingkat Madya)


Info Terkait :

  • Copyright © 2014 Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus
    Jl. AKBP Ragil Kusmanto No. 1/b KUDUS 59346
    Phone/Fax. 0291 4251490
    publikasi@blhkudus.ppejawa.com