Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus
Selamat Datang di Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus,

Visi dan Misi

Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan. Dengan memperhatikan visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Kudus Tahun 2009 – 2013, maka visi Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus adalah “Pembangunan Kudus Yang Berwawasan Lingkungan”.

Pembangunan merupakan upaya sadar dalam mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam untuk meningkatkan kemakmuran rakyat, baik untuk mencapai kemakmuran lahir maupun untuk kepuasan batin. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Berdasarkan uraian di atas maka pembangunan yang berwawasan lingkungan adalah upaya sadar dan terencana yang memadukan lingkungan hidup termasuk sumber daya (sumber daya manusia, sumber daya alam hayati maupun non hayati dan sumber daya buatan) ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan.

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi Badan Lingkungan Hidup   Kabupaten Kudus adalah :
1.    Meningkatkan kapasitas kelembagaan di bidang pengelolaan lingkungan dan konservasi sumber daya alam.
Dalam upaya meningkatkan kapasitas kelembagaan di bidang pengelolaan lingkungan dan konservasi sumber daya alam maka perlu didukung dengan peraturan perundang-undangan, data dan informasi lingkungan. Sebagai upaya mewujudkan pembangunan yang berwawasan lingkungan peraturan-peraturan tersebut perlu disusun sesuai dengan kewenangan Badan Lingkungan Hidup sebagai dasar hukum yang jelas, tegas dan menyeluruh guna menjamin kepastian hukum bagi upaya pengelolaan lingkungan hidup.Sedangkan data dan informasi lingkungan diperlukan disamping sebagai bentuk keterbukaan juga sebagai  upaya pengendalian.Hak atas informasi lingkungan akan meningkatkan nilai dan efektivitas peran serta dalam pengelolaan lingkungan hidup, di samping akan membuka peluang bagi masyarakat untuk mengaktualisasikan haknya atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.
2.    Meningkatkan upaya pengendalian, pencegahan dan pemulihan kerusakan lingkungan dan rehabilitasi sumber daya alam.
Setiap kegiatan pembangunan akan selalu berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam. Kondisi tersebut bila tidak diimbangi dengan pengelolaan lingkungan akan berdampak pada meningkatnya pencemaran dan kerusakan lingkungan. Dalam upaya mewujudkan pembangunan yang berwawasan lingkungan maka perlu dilakukan upaya pengendalian dan pencegahan. Apabila kedua hal tersebut telah diupayakan tetapi kerusakan lingkungan tidak bisa dihindari maka upaya pemulihan lingkungan dan rehabilitasi sumber daya alam wajib dilakukan.
3.    Meningkatkan sarana dan prasarana pengelolaan lingkungan.
Dalam mendukung terwujudnya pembangunan yang berwawasan lingkungan maka perlu disediakan sarana dan prasarana pendukung. Sarana dan prasarana tersebut berfungsi sebagai penunjang kegiatan pengawasan dan pengendalian pencemaran lingkungan.
4.    Meningkatkan pengetahuan dan peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan dan pelestarian sumber daya alam.
Kegiatan pembangunan yang berwawasan lingkungan akan sulit terwujud bila tidak diimbangi dengan pengetahuan dan peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan.Pengetahuan sangat diperlukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kondisi lingkungan saat ini dan bagaimana peran serta mereka terhadap pengelolaannya.Peran masyarakat dalam hal ini adalah keikutsertaan dalam upaya pengawasan dan pengendalianlingkungan dan pemulihan apabila terjadi pencemaran dan kerusakan lingkungan.


  • Copyright © 2014 Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus
    Jl. AKBP Ragil Kusmanto No. 1/b KUDUS 59346
    Phone/Fax. 0291 4251490
    publikasi@blhkudus.ppejawa.com